Ragam Pilihan Es Dawet Penyegar Dahaga
02 Dec/2019

Ragam Pilihan Es Dawet Penyegar Dahaga

Es dawet merupakan minuman yang sangat terkenal akan kesegarannya. Minuman ini banyak dijual pada saat bulan ramadhan untuk menu berbuka puasa. Es dawet memiliki keunikan rasa dan variannya masing-masih pada tiap daerah. Berikut ini pilihan ragam es dawet yang memiliki varian yang berbeda-beda sesuai dengan daerahnya sendiri-sendiri.

1. Dawet Grandul Ketan

source by : sajiansedap.id
source by : sajiansedap.id

Dawet yang berasal dari Blitar ini memiliki cita rasa yang khas. Es dawet ini merupakan dawet hijau yang dicampur dengan bubur sumsum, grandul ketan, serta gula merah cair membuat dawet terasa lebih nikmat dan gurih. Grandul ketan terbuat dari ketan yang memiliki tekstur kenyal dengan bentuknya yang bulat-bulat. Dawet grandul biasanya disajikan dengan toping ketan hitam sebagai tambahan campurannya.

2. Es Dawet Selasih

source by : solopos.com
source by : solopos.com

Es dawet yang terdiri dari dawet hijau, ketan hitam, bubur sumsum, santan, tape ketan, gula, dan selasih ini berasal dari kota solo. Jika Anda berkunjung ke kota Solo, jangan lewatkan minuman segar yang satu ini. Dawet selasih banyak dijual di pinggir jalan di kota Solo. 

Berbeda dengan es dawet pada umumnya yang menggunakaan gula merah sebagai pemanisnya, es dawet selasih hanya menggunakan gula putih biasa sebagai rasa manis dengan dicampurkan langsung pada santan.

3. Es Dawet Ireng


source by : trebunnews.com
source by : trebunnews.com

Es dawet ini memiliki warna unik yang berasal dari "damen" atau batang padi yang dibakar. Beberapa daerah membuat dawet hitam bukan hanya dari damen bakar, tetapi arang bambu juga. Keduanya dipilih sebagai pewarna alami, karena aman dikonsumsi. Dawet ireng ini berasal dari salah satu kecamatan yang ada di Purworejo, yakni kecamatan Butuh. 

Campuran yang ada di dawet ireng ini terdiri dari dawet hitam, bubur sumsum, gula merah cair, dan es batu agar menyegarkan.

4. Es Dawet Jepara

source by : negerikuindonesia.com
source by : negerikuindonesia.com

Es dawet yang satu ini berbeda dengan es dawet pada umumnya. Es dawet jepara memiliki campuran seperti es oyen. Dengan campuran seperti irisan alpukat, nangka, daging kelapa muda, durian akan membuat es dawet yang satu ini memiliki rasa yang memanjakan mulut Anda.

Sama seperti namanya, es dawet ini berasal dari Jepara yaitu daerah yang berasal dari pesisir Jawa Tengah.

Nah itu dia pilihan jenis dawet yang mungkin salah satunya dawet kesukaan Anda yang biasa Anda minum pada saat sepulang kerja dan aktifitas lainnya. Minum es dawet di siang hari akan membuat dahaga Anda terasa lebih segar. 

Artikel Lainnya

Ragam kuliner pulau Madura

Ragam kuliner pulau Madura

Siapa yang tidak pernah mendengar pulau Madura? Yup, Madura sangatlah dekat dengan Jawa Timur ini me...

Sticky Tofu, Si

Sticky Tofu, Si "Bau" Dari Tiongkok Yang Nikmat

Apakah Anda adalah salah satu orang yang menyukai kuliner dengan berbahan dasar kedelai? Jika iya, m...

Kandungan Gizi Pada Ubi Jalar

Kandungan Gizi Pada Ubi Jalar

Bagi Masyarakat Indonesia, makanan ubi jalar merupakan makanan yang sudah sejak jaman dahulu dikonsu...

Menikmati Sajian Sedap Khas Dayak!

Menikmati Sajian Sedap Khas Dayak!

Indonesia memiliki beragam makanan khas yang mewakili tiap-tiap daerah. Makanan khas biasanya diolah...