Ragam kuliner pulau Madura
06 Feb/2020

Ragam kuliner pulau Madura

Siapa yang tidak pernah mendengar pulau Madura? Yup, Madura sangatlah dekat dengan Jawa Timur ini memiliki banyak sekali destinasi wisata keren seperti Gili labak, Pantai sembilan, Siring kemuning, dan masih banyak yang lainnya. Tidak hanya terkenal dengan destinasi wisata pantainya saja, tetapi Anda juga perlu mencicipi kuliner khasnya yang tidak kalah nikmat dengan yang ada di daerah lain. Berikut ini adalah beberapa list makanan khas Madura yang perlu Anda cicipi saat mengunjunginya.

 

Sate

Yup, siapa yang tidak tahu atau tidak pernah mencicipi makanan populer yang satu ini? Hampir semua orang bahkan pernah mencicipinya. Sate merupakan makanan khas madura yang menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang mendunia karena rasanya yang nikmat. Tidak hanya disajikan dengan menggunakan daging ayam saja, sate juga bisa menggunakan daging kambing dan daging sapi sesuai selera Anda. Kenikmatan dari makanan ini adalah terletak pada saus kacangnya yang nikmat.

 

Soto Madura

Tidak hanya di Lamongan saja yang memiliki makanan khas soto, tetapi Madura juga memiliki soto khasnya sendiri. Berbeda dengan soto Lamongan, soto di Madura mengguanakan bahan kemiri yang membuat warna kuah menjadi kuning keruh, dengan aroma yang cukup khas. Untuk menikmatinya Anda sudah tidak perlu ke Madura, namun soto madura ini sudah tersebar di seluruh Indonesia dengan harga yang relatif murah.

 

Rujak Corek

Berbeda dengan rujak-rujak yang ada di Surabaya, Madura memiliki rujak khasnya sendiri yang juga tidak kalah nikmatnya. Rujak yang satu ini disebut dengan rujak Corek. Nama ini diambil, berdasarkan cara membuat rujak tersebut dengan dicorek. Bahan utama dari makanan ini adalah mentimun segar dicuci hingga bersih, kemudian dikupas kulitnya. Bagian biji-bijinya dicorek atau di ubangi hingga menyerupai gelas dan di isi dengan bumbu khusus yang ada di dalam cobek. Untuk mencicipinya Anda perlu ke Madura untuk menikmati kenikmatannya.

 

Bebek Songkem

Dari namanya saja Anda pasti tahu bahwa makanan khas Madura selanjutnya menggunakan bahan utama bebek untuk penyajiannya. Bebek yang telah dibersihkan, kemudian diberi bumbu tertentu, kemudian ditelungkupkan, dan dikukus menggunakan daun pisang. Setelah matang bebek siap untuk disajikan. Dari segi rasa makanan yang satu ini sangatlah nikmat dan bumbumnya pun menyerap di dalam dagingnya. Makanan ini cukup menyehatkan karena tidak melalui proses menggoreng.

 

Tajin Sobih Bangkalan

Sekilas makanan manis khas Madura yang satu ini memang terlihat seperti bubur sumsum yang ada di pulau Jawa, namun dari segi rasa Tajin Sobih Bangkalan tidak kalah nikmatnya. Kuliner yang satu ini terdiri atas berbagai macam isian, ada yang mirip dengan bubur sumsum, dan jenis lainnya. Panganan tersebut kemudian disimpan di atas daun pisang, kemudian diberikan kuah gula merah. Anda bisa menemuinya di seluruh kota di Madura pada saat pagi hari.

 

Nah, itulah 5 makanan khas Madura yang perlu Anda cicipi pada saat mengunjungi kota Madura. Namun beberapa kuliner juga bisa Anda nikmati di daerah rumah Anda seperti soto Madura dan sate Madura. 

Artikel Lainnya

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Pernahakah Anda mendengar kata "Skandinavia"? Bagi Anda yang belum tau, Skandinavia adalah daratan d...

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari adalah salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan. Anda tidak perlu mengeluarkan ...

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berlibur memang menjadi hal yang paling menyenangkan, apalagi jika ditemani dengan orang-orang terci...

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Siapa yang tidak suka dengan ayam goreng? Hampir semua orang mulai dari anak kecil hingga orang dewa...