Penderita Maag Tidak Boleh Berpuasa. Mitos atau Fakta?
23 Jun/2019

Penderita Maag Tidak Boleh Berpuasa. Mitos atau Fakta?

Banyak pertanyaan mengenai penyakit maag, apakah penderita maag boleh berpuasa atau tidak?. Beberapa penelitian dan juga banyak dokter mengatakan bahwa penderita maag tetap aman dan bisa mengikuti puasa di bulan Ramadhan, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar puasa di bulan Ramadhan berjalan dengan lancar hingga sebulan penuh. Selama ada niat untuk berpuasa pasti akan selalu ada jalan untuk kondisi ini. Berikut ini adalah tips puasa yang aman dan baik untuk penderita maag.

Hindari makanan berminyak dan digoreng

Makanan yang melalui proses penggorengan akan mengalami penikmatan kadar lemak yang bisa membahayakan tenggorokan dan bahkan bisa mengganggu kinerja lambung untuk mencerna. Hal ini bukan hanya memicu kinerja lambung saja, tetapi juga membuat kadar asam lambung meningkat dan memicu kambunya penyakit maag. Ada baninya Anda memulai dengan memasak makanan sendiri dengan minyak yang sehat seperti minyak zaitun.

Mengkonsumsi karbohidrat

Mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat di saat sahur dan berbuka dipercaya menjadi salah satu sumber makanan yang lama untuk dicerna, jadi Anda akan bisa kenyang lebih lama saat berpuasa. Tidak hanya bisa membuat kenyang lebih lama, tetapi asupan karbohidrat yang cukup pada saat sahur juga bisa menambahkan energi Anda di sore hari pada saat berpuasa.

Menjaga asupan cairan tubuh

Tubuh manusia terdiri dari 65% cairan, itulah kenapa menjaga asupan cairan tubuh sangatlah penting di saat berpuasa. Perbanyak minum air putih memang selalu diwajibkan untuk menjaga kestabilan cairan pada tubuh. Terutama pada saat berpuasa, ciran akan semakin banyak yang berkurang. Oleh karena itulah Anda diwajibkan mengkonsumsi sekurang-kurangnya 8 gelas sehari pada saat sahur dan berbuka.

Hindari makanan yang bisa meningkatkan asam lambung

Memiliki riwayat maag memang harus berhati-hati dalam memilih makanan, terlebih lagi disaat akan menjalankan ibadah puasa. Untuk usaha pencegahan, ada kalanya Anda yang memiliki riwayat gangguan maag untuk tidak memilih makanan yang bisa memicu peningkatan asam dalam lambung, salah satu makanan yang bisa meningkatkan asam lambung adalah gorengan dan makanan berlemak.

Bagaimana? Apakah Anda siap untuk menjalankan ibadah puasa di Bulan suci Ramadhan ini dengan tips diatas. Yuk, mulailah hidup sehat dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat dan tidak lupa juga memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh di saat berpuasa.

Artikel Lainnya

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Pernahakah Anda mendengar kata "Skandinavia"? Bagi Anda yang belum tau, Skandinavia adalah daratan d...

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari adalah salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan. Anda tidak perlu mengeluarkan ...

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berlibur memang menjadi hal yang paling menyenangkan, apalagi jika ditemani dengan orang-orang terci...

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Siapa yang tidak suka dengan ayam goreng? Hampir semua orang mulai dari anak kecil hingga orang dewa...