Pasar-pasar Unik dan Aneh yang Ada di Indonesia
07 Jan/2020

Pasar-pasar Unik dan Aneh yang Ada di Indonesia

Saat ini banyak orang yang mengenal pasar sebagai lahan transaksi untuk jual beli seperti sayuran, pakaian, dan bahan makanan yang lainnya. Namun tidak semua pasar menjual bahan-bahan tersebut. Di Indonesia ternyata ada pasar yang di dalamnya terdapat dagangan yang tak umum diperjual-belikan di pasar seperti pada umumnya.

Jika Anda berkunjung ke pasar unik ini, Anda akan melihat pedagang menjual hewan atau jualan lainnya yang mungkin tak akan Anda temukan di pasar-pasar daerah Anda. Inilah pasar-pasar unik yang ada di Indonesia.

Pasar Beriman - Tomoho, Manado

source by: Trenzing - Content Creator Community
source by: Trenzing - Content Creator Community

Berbeda dengan pasar-pasar pada umumnya. Pasar beriman di Tomohon, Manado ini menjual hewan-hewan yang tidak lazim untuk diperjualbelikan. Ketika Anda masuk kedalam pasar ini, Anda akan langsung melihat berbagai hewan seperti ular piton, kelelawar, anjing, kucing, tikus, sampai monyet yang di perjual belikan secara bebas di pasar tersebut.

Pada pukul 4-5 pagi, itulah waktu dimana Anda bisa melihat daging-daging hewan tersebut terlihat masih segar. Pasar tersebut memang sudah terkenal di Indonesia bahkan sampai dunia karena memang yang dijual dalam pasar tersebut hewan-hewan yang tidak umum untuk diperjualbelikan. 

Masyarakat di Manado memang gemar untuk mengkonsumsi hewan yang mungkin bagi sebagian orang ketika melihat hewan tersebut disembelih dan dijual akan merasa jijik.

Pasar Terapung - Banjarmasin

source by : https://pixabay.com/
source by : https://pixabay.com/

Banjarmasin memang terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak aliran sungai. Masyarakat disana memanfaatkan sungai tersebut untuk berbagai keperluan seperti membuat pasar terapung. Dinamakan pasar terapung karena memang pasar tersebut berada pada atas sungai yang dimana barang  yang dijual ditaruh di atas perahu kecil. 

Hal yang dapat Anda rasakan dan keunikan yang ada pada pasar tersebut bukanlah dari apa yang di jual. Barang yang di ual di pasar tersebut sama dengan pasar pada umumnya seperti buah, sayur dan makanan pokok lainnya. Namun yang membuat pasar tersebut unik yaitu ketika Anda ingin membeli dagangan yang ada di pasar tersebut, Anda harus menaiki perahu kecil dan terombang ambing ombak kecil pada saat melakukan transaksi jual beli. Anda harus datang pagi-pagi agar bisa melihat dan membeli dagangan yang ada di pasar tersebut, karena pasar terapung tutup pada pukul 9 pagi.

Pasar Sentral Makale - Toraja

source by : infobaru.id
source by : infobaru.id

Jika Anda berkunjung ke tanah Toraja, Anda harus mengetahui bahwa hewan babi dan kerbau sangat disakralkan disana. Namun terdapat satu pasar yang menyediakan dan menjual babi utuh, yaitu pasar sentral makale.

Pasar sentral makale merupakan salah satu pasar yang ada di tanah Toraja yang menyediakan babi. Pasar tersebut tidak hanya menyediakan babi, ada juga pedagang yang menjual berbagai kebutuhan makanan seperti sayur dan daging.  Bagi Anda yang ingin membeli babi di pasar makale, Anda bisa datang di bagian belakang pasar. Penjual babi di pasar makale berada di bagian belakang pasar, karena blok tersebut digunakan hanya untuk menjual daging babi saja. Disana Anda bisa bebas membeli babi mana yang ingin Anda bawa pulang.

Pasar Bolu - Toraja

 

source by ; youtube.com
source by ; youtube.com

Jika pasar sentral makale menjual babi, di pasar bolu ini para penjual menjual kerbau. Di Toraja sendiri memang sangat mensakralkan kedua hewan tersebut, maka tak heran jika pasar yang ada disana menjual dagangan berupa babi dan kerbau.

Di pasar bolu Toraja ini Anda bisa melihat ratusan kerbau di jual. Pasaar tersebut merupakan pasar kerbau terbesar yang ada di Dunia. Namun jika Anda ingin mengunjungi pasar bolu tersebut, Anda harus mengetahui jadwal buka pasar tersebut karena pasar bolu hanya buka enam hari sekali. Anda harus mengatur jadwal keberangkatan Anda agar bisa mendatangi pasar yang unik ini.

Pasar Kembang (SARKEM) - Yogyakarta

 

source by : missnindy.com
source by : missnindy.com

Pada umumnya pasar identik dengan ibu-ibu dan pedagang yang mayoritas wanita, namun berbeda dengan pasar yang ada di kota Yogyakarta ini. Pasar ini lebih identik dengan para laki-laki karena pasar kembang adalah pasar yang digunakan sebagai lokasi prostitusi.

Kawasan tersebut memang menjadi kawasan yang banyak menyediakan tempat-tempat penginapan secara bebas. Pasar kembang berada di utara jl. Malioboro dan banyak pengunjung yang mengenal kawasan tersebut sebagai kawasan yang menyediakan tempat menginap para muda mudi yang ingin merasakan sisi lain dari kota Yogyakarta ini.

Beberapa pasar yang ada di atas memang pasar yanng sangat berbeda dengan pasar pada umumnya.

Artikel Lainnya

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Pernahakah Anda mendengar kata "Skandinavia"? Bagi Anda yang belum tau, Skandinavia adalah daratan d...

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berlibur memang menjadi hal yang paling menyenangkan, apalagi jika ditemani dengan orang-orang terci...

Ragam kuliner pulau Madura

Ragam kuliner pulau Madura

Siapa yang tidak pernah mendengar pulau Madura? Yup, Madura sangatlah dekat dengan Jawa Timur ini me...

Surga Wisata Labuan Bajo

Surga Wisata Labuan Bajo

Liburan telah tiba, apakah Anda sudah mempersiapkan tempat mana yang akan Anda kunjungi pada saat li...