Menikmati Sedapnya Ikan Asap
12 Dec/2019

Menikmati Sedapnya Ikan Asap

Ikan asap adalah ikan yang proses pengolahannya dengan cara diasap. Ada banyak jenis ikan yang bisa diasap, antara lain ikan salmon, bandeng, tenggiri, tongkol, ataupun nila. Masakan olahan ikan asap bisa Anda jumpai banyak daerah di Indonesia, tentu saja dengan penyajian yang berbea. Berikut ini ikan-ikan yang biasa diasap beserta dengan cara pembuatannya dan penyajiannya.

1 Ikan Tongkol

Ikan tongkol memang sudah tidak asing lagi jika ikan tersebut diolah dengan pengasapan. Ikan tongkol asap disajikan dengan versi yang berbeda-beda, tergantung dari daerah pengolahannya. Ikan tongkol yang diasap bertujuan untuk mengeluarkan lemak yang ada di dalam ikan tersebut, jadi ikan asap merupakan ikan rendah lemak. 

Cara penyajian ikan tongkol asap :

1 Iris bawang putih, ketumbar, dan kunyit lalu tumbuk hingga halus.
2. Siapkan tungku beserta arangnya yang terbuat dari tempurung kelapa.
3. Pipihkan batang serai bagian pangkalnya.
4. bawang putih, ketumbar, dan kunyit yang sudah di haluskan campur bersamaan dengan minyak zaitun atau minyak  goreng biasa.
5. Ikan tongkol yang utuh dibelah menjadi dua dan dijadikan 3 irisan tipis.
6. Setelah di iris tipis, ikan tongkol dimasukkan kedalam penjepit yang sudah di siapkan.
7. Lakukan pengasapan dengan cara memutar-mutar ikan yang sudah di jepit.
8. Putar ikan tongkol dengan mengoleskan bumbu yang sudah di haluskan.
9. Asapi ikan tongkol sampai berubah warna menjadi kecoklatatan.
10. Sesudah berubah warna, ikan siap diangkat dan disajikan.

2. Ikan patin

Selanjutnya ikan yang bisa diasap yaitu ikan patin. Ikan jenis ini juga bisa diasap karena dagingnya yang cukup tebal. Dalam pengasapan, pada umumnya prosesnya sama. Perbedaannya hanyalah dari beberapa daerah menggunakan bumbu yang berbeda dan penyajian yang juga berbeda. 

3. Ikan Pari

Ikan pari memiliki rasa yang khas ketika pengolahannya dengan cara diasap. Ikan pari asap akan lebih enak jika diolah kembali menjadi masakan yang baru. Masakan ikan pari asap bisa Anda jumpai di pesisir pantai di daerah Kota Surabaya.

4. Ikan Bawal

Ada dua jenis ikan bawak, yaitu bawal air tawar dan bawal air laut. Bawal air laut memiliki ukuran yang lebih besar daripada bawal air tawar. Bawal laut bisa diolah dengan cara pengasapan karena ukurannya yang besar. Selain itu ikan bawal laut juga lebih enak dan rasanya yang sangat gurih dibandingkan ikan bawal air tawar biasa.

5. Ikan Lele

Mungkin Anda lebih mengenal masakan lele dengan cara digoreng atau biasa dijaikan pecel lele. Namun ikan yang murah dan enak ini ternyata bisa diolah dengan cara pengasapan. Rasanya juga tak kalah enak dengan ikan yang lainnya. Dengan cara pengasapan yang mudah, dan ikan lele juga mudah dibeli dipasaran,atau  Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Pilih ikan lele yang berukuran besar jika Anda ingin mengolahnya menjadi lele asap.

Itulah jenis ikan yang bisa diasap dan masih ada banyak lagi jenis yang bisa Anda olah menjadi ikan asap. Cara pengasapan pada umumnya hampir sama, namun yang membedakan hanya pada bumbu yang sesuai dari daerah masing-masing.

Artikel Lainnya

Ragam kuliner pulau Madura

Ragam kuliner pulau Madura

Siapa yang tidak pernah mendengar pulau Madura? Yup, Madura sangatlah dekat dengan Jawa Timur ini me...

Sticky Tofu, Si

Sticky Tofu, Si "Bau" Dari Tiongkok Yang Nikmat

Apakah Anda adalah salah satu orang yang menyukai kuliner dengan berbahan dasar kedelai? Jika iya, m...

Kandungan Gizi Pada Ubi Jalar

Kandungan Gizi Pada Ubi Jalar

Bagi Masyarakat Indonesia, makanan ubi jalar merupakan makanan yang sudah sejak jaman dahulu dikonsu...

Menikmati Sajian Sedap Khas Dayak!

Menikmati Sajian Sedap Khas Dayak!

Indonesia memiliki beragam makanan khas yang mewakili tiap-tiap daerah. Makanan khas biasanya diolah...