Mengunjungi Desa terdingin di Indonesia
09 Dec/2019

Mengunjungi Desa terdingin di Indonesia

Hari libur telah tiba, ada kalanya Anda dan keluarga maupun orang tercinta untuk melepas penat pergi ke suatu kota dengan destinasi wisata, keindahan alam dan udara yang masih asri dan dingin pastinya. Karena awa atau suhu dingin di perkotaan hanya pada saat pagi hari, itupun akan sangat panas di siang harinya. Nah, itulah kenapa kota-kota dan desa-desa seperti Puncak atau Batu Malang memiliki daya tarik tersendiri untuk para wisatawan lokal karena memiliki udara dan suhu kota yang dingin.

 

Membicarakan kota dan desa dengan hawa dinginnya, tahukah Anda bahwa di Indonesia memiliki salah satu desa dengan hawa dingin yang super dingin. Bahkan desa ini disebut- sebut menjadi desa terdingin di Indonesia. Desa ini bernama Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya Wijaya. Mungkin beberapa dari Anda pernah mendengar nama kota yang satu ini. Memiliki keindahan alam dan gunung yang masih asri membuat kota ini menjadi salah satu tempat wisata alam yang bisa Anda kunjungi.

 

 

Kota yang menajadi bagian dari Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Provinsi Papua ini memiliki daratan yang mencapai kurang lebih 884 km persegi dan berapa dapa ketinggian mencapai 2448 mdpl. Inilah alasan kota ini menjadi kota trdingin di Indonesia, karena kota ini berada pada ketinggian 2448 mdpl yang artinya lebih tinggi dari Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2329 mdpl.

 

Selain menjadi kota terdingin di Indonesia, kota ini juga menjadi salah satu wilayah kawasan pemukiman penduduk tertinggi di Indonesia lantaran desa ini mencapai ketinggian lebih dari 2400 mdpl. Di kota ini memiliki penduduk mencapai kurang lebih 24.679 jiwa bahkan akan berkembang pada tahun 2019-2020.

 

Yang paling unik di kota ini adalah pada saat malam hari suhu di sini mencapai 9 derajat celcius, yang pastinya pada saat musim penghujan akan lebih dingin atau bahkan menencapai derajat minus. Bahkan, karena jaraknya tidak begitu jauh dari Pegunungan Jaya Wijaya, membuat suhu udara di wilayah ini bisa turun hingga mencapai titik beku. Dan juga di kota ini memilki curah hujan yang bahkan akan turun hampir sepanjang tahun.

 

Jika Anda ingin mengunjungi kota terdingin di Indonesia ini, Anda harus menaiki pesawat yang hanya bisa dinaiki oleh 9-10 orang dari kota Jayapura selama kurang lebih 1 jam perjalanan. Karena Distrik Mulia berada di lembah gunung, maka pesawat harus melewati sela-sela gunung sesaat sebelum mendarat.

 

Selain melalui transportasi udara, Anda juga bisa melewati darat yang psatinya akan menghabiskan bnayak waktu yakni mencapai 16 jam karena harus melalui beberapa medan tanah dan bebatuan.

Artikel Lainnya

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Pernahakah Anda mendengar kata "Skandinavia"? Bagi Anda yang belum tau, Skandinavia adalah daratan d...

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berlibur memang menjadi hal yang paling menyenangkan, apalagi jika ditemani dengan orang-orang terci...

Ragam kuliner pulau Madura

Ragam kuliner pulau Madura

Siapa yang tidak pernah mendengar pulau Madura? Yup, Madura sangatlah dekat dengan Jawa Timur ini me...

Surga Wisata Labuan Bajo

Surga Wisata Labuan Bajo

Liburan telah tiba, apakah Anda sudah mempersiapkan tempat mana yang akan Anda kunjungi pada saat li...