Kandungan Gizi Pada Ubi Jalar
25 Jan/2020

Kandungan Gizi Pada Ubi Jalar

Bagi Masyarakat Indonesia, makanan ubi jalar merupakan makanan yang sudah sejak jaman dahulu dikonsumsi. Di beberapa daerah, ubi merupakan makanan pokok pengganti nasi. Daun ubi jalar juga bisa dimanfaatkan menjadi sayuran yang sangat nikmat ketika dimakan bersamaan nasi hangat.

Selain mengandung karbohidrat yang tinggi, ubi jalar juga mengandung anti oksidan dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh. Kandungan gizi pada ubi jalar : 

Kalori
Karbohidrat
Air
Protein
Gula
Serat
Lemak
Vitamin A
Vitamin C
Vitamin D
Vitamin E
Vitamin B1 (Thiamine)
Vitamin B2 (Riboflavin)
Vitamin B3 (Niacin)
Vitamin B5 (Panthothenic acid)
Vitamin B9 (Folat)
Kalsium
Zat Besi
Magnesium
Fosfor
Potassium (Kalium)
Sodium
Seng (Zinc)

Bukan hanya enak dimakan, ubi jalar juga mengandung banyak manfaat serta terdapat banyak kandungan gizi yang tersimpan di dalamnya. Berikut ini manfaat serta kandungan gizi yang ada pada ubi jalar.

Memperlancar sistem pencernaan

Kandungan serat yang tinggi pada ubi jalar, bisa berguna untuk memperlancar pencernaan. Ubi jalar mengandung vitamin B kompleks yang sangat bagus untuk kesehatan pencernaan Anda. Jika lambung Anda mengalami peradangan atau pengikisan, Anda bisa mengatasinya dengan rutin mengkonsumsi ubi jalar dengan cara di rebus.

Menjaga kesehatan mata

Selain wortel yang bisa berguna sebagai sayur yang baaik untuk penglihatan, kandungan vitamin A yang ada pada ubi jalar juga berguna untuk penglihatan. Kekurangan vitamin A bisa mempengaruhi kualitas mata dan memperburuk kondisi penglihatan mata. Dengan mengkonsumsi 1 ubi jalar setiap hari, itu sudah mencukupi kebutuhan vitamin A pada tubuh.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu makanan yang mengandung vitamin A paling tinggi yaitu ubi jalar. Vitamin A juga berguna sebagai pembunuh sel jahat yang ada pada tubuh dan menjaga tubuh agar tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit. Vitamin A yang Anda konsumsi setiap hari terutama kandungan yang ada pada ubi jallar, berguna sebagai peningkat produksi sel pelindung tubuh agar tubuh tidak mudah terserang penyakit yang berbahaya.

Pencegah kanker

Kanker yang akan menyerang Anda bisa diakibatkan karena radikal bebas yang menyerang tubuh. Dengan kandungan antioksidan pada ubi jalar bisa melindungi tubuh Anda dari serangan radikal bebas yang bisa menumbuhkan sel kanker seperti kanker perut, kanker ginjal, dan kanker payudara. Konsumsi ubi jalar setiap hari agar tubuh Anda terhindar dari radikal bebas dan menghalangi sel kanker tumbuh dalam tubuh Anda.

Mengatasi stroke

Kandungan potasium dan vitamin B6 pada ubi jalar bisa mengatasi serangan jantung dan stroke. Ubi jalar berguna sebagai penyeimbang cairan pada tubuh agar jantung tidak mengalami masalah seperti serangan jantung yang bisa saja menyerang Anda.

Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Vitamin A yang ada pada ubi jalar berguna untuk menghaluskan kulit dan perawatan rambut secara alami. Vitamin A juga berguna sebagai pelindung kulit dan rambut dari sinar UV yang terdapat pada sinar matahari. Selain itu, vitamin C dan Vitamin E pada ubi jalar berguna sebagai penyehat kulit dan mendorong sel kulit mati agar tidak menempel pada kulit dan membuatt kulit semakin bersinar.

Konsumsilah ubi jalar secara rutin agar Anda tetap sehat karena  ubi jalar merupakan makanan yang sudah dipercaya sejak jaman dahulu, untuk kesehatan tubuh

 

 

Artikel Lainnya

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari adalah salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan. Anda tidak perlu mengeluarkan ...

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berlibur memang menjadi hal yang paling menyenangkan, apalagi jika ditemani dengan orang-orang terci...

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Siapa yang tidak suka dengan ayam goreng? Hampir semua orang mulai dari anak kecil hingga orang dewa...

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Musim penghujan telah tiba, banyak yang menunggunya karena akan menyuburkan tanaman di perkebunan. N...