Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjadi Importir
07 Jan/2020

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Menjadi Importir

Menjadi importir merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Bisnis import sudah sangat digemari oleh para pebisnis karena memang sangat menguntungkan. Dalam era teknologi yang maju ini, para importir bisa dengan mudah untuk menjual barang impornya karena akses ke pelanggan juga mengalami peluasan jakauan. Pengusaha juga melihat pergantian trend yang bisa dijadikan peluang untuk mendapatkan profit.

Banyak hal yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang importir, mulai dari memilih produk, menganalisa suplier, mengatur stok, dan melakukan pengelolaan perusahaan. Para importir atau calon importir juga membutuhkan waktu dan tenaga yang besar, serta keberanian menghadapi resiko kerugian yang akan dialami. Untuk melakukan ersiapan yang matang, Anda  bisa melihat refrensi berikut ini sebagai bekal untuk memulai usaha Anda menjadi importir yang sukses.

Mencari Market Terlebih Dahulu

Mencari market merupakan hal yang penting agar market yang dituju bisa lebih menjanjikan. Market yang Anda pilih bisa diartikan dengan cara memilih jenis kelamin serta usia yang akan menjadi target penjualan. Anda juga bisa menentukan tujuan market seperti kebiasan para pembeli yang memang sangat berbeda-beda. Kebutuhan bagi setiap orang juga akan berbeda-beda, hal tersebut bisa Anda jadikan sebagai market yang nantinya Anda bisa menentukan produk yang akan Anda jual. 

Menganalisa Calon Suplier

Hal yang tidak kalah pentingnya untuk menjadi importir sukses yaitu dengan mencari suplier yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya. Mengingat lokasi yang jauh, serta produk yang bisa saja berubah-ubah. Anda harus mencari suplier yang memang bisa dipercaya agar barang yang Anda terima sesuai seperti yang Anda inginkan.

Pencarian suplier internasional merupakan hal yang tidak mudah. Anda tidak bisa mengontrol suplier mana yang bisa dipercaya. Anda harus bisa menganalisa apakah suplier yang Anda pilih benar-benar bisa dipercaya atau tidak, dengan cara memperkecil pesanan yang akan Anda pesan terlebih dahulu sebagai uji coba pada tahap awal.

Tes Produk

Pengetesan produk merupakan hal yang penting untuk Anda lakukan. Ketika Anda memesan barang untuk dijual, Anda harus mengetes apakah produk Anda sesuai dengan yang diinginkan pasar. Ketika Anda menghiraukan untuk mengetes produk yang akan Anda jual dan menginvestasikan semua dana Anda untuk membeli produk dengan jumlah yang besar, maka Anda bisa saja mengalami kerugian. 

Untuk tahap awal lakukanlah import barang dengan jumlah sedikit, yang dimana produk tersebut merupakan produk pilihan market Anda. Setelah itu lakukanlah uji coba apakah produk tersebut sesuai dengan yang diinginkan pasar atau sebaliknya. Ketika produk yang Anda pilih gagal, maka Anda harus mencoba ulang untuk kembali ke langkah awal.

Kunci Market

Ketika produk Anda sangat diminati pada market yang Anda pilih. Anda perlu mengunci market agar para pelanggan Anda tidak lari dan memilih dropshiper lain. Menjadi importir sukses bisa dilihat dari cara mengunci market, bukan Anda yang mencari para pelanggan, namun pelanggan yang harus mencari Anda. Hal tersebut yang bisa dilihat apakah Anda sudah berhasil menjadi importir sukses atau belum.

Ketika produk Anda laris di pasaran, Anda harus mengunci market dengan cara memberikan diskon atau memberi layanan kepada market agar mereka bisa senang dan membeli produk Anda secara terus menerus. 

Mengikuti Trend produk

Sebagai importir sukses, Anda harus fleksibel dalam memilih produk yang Anda jual. Anda harus mengetahui produk mana yang sedang trending. Import barang dalam skala kecil bisa merugikan Anda karena pajak yang harus dibayar juga besar. Dengan mengikuti trending produk, Anda bisa mengimport barang dengan sekala yang besar dan mendapat keuntungan yang berkali-kali lipat karena produk tersebut akan cepat laris terjual.

Nah, beberapa tips di atas merupakan tips yang bisa Anda jadian refrensi jika Anda ingin mencoba peruntungan pada ranah impor. Jangan pernah berhenti belajar pada orang-orang yang sudah berpengalaman. Selain itu, Anda bisa belajar menggunakan referensi sebanyak-banyaknya agar pengetahuan Anda tentang dunia impor bisa bertambah

Artikel Lainnya

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berlibur memang menjadi hal yang paling menyenangkan, apalagi jika ditemani dengan orang-orang terci...

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Musim penghujan telah tiba, banyak yang menunggunya karena akan menyuburkan tanaman di perkebunan. N...

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan

Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan

Memiliki wajah cantik dan halus bak model menjadi banyak impian bagi para kaum hawa. Banyak yang rel...

Tips Diet Mudah dan Sehat

Tips Diet Mudah dan Sehat

Memiliki tubuh dengan berat badan yang idel adalah impian banyak orang. Namun tidak banyak orang yan...