Cara Merawat Kulit Pada Saat Banjir
09 Jan/2020

Cara Merawat Kulit Pada Saat Banjir

Saat ini Indonesia sedang memasuki musim penghujan. Genangan air sudah menjadi hal yang biasa pada saat musim hujan, namun bukan hanya genangan air yang terjadi saat ini. Musim hujan merupakan musim yang dimana akan terjadi bencana seperti banjir. 

Pada saat terjadi banjir penyakit akan merajalela, bukan hanya penyakit seperti diare saja yang bisa menyerang Anda. Penyakit yang ada pada kulit juga tak luput dari banjir. Berikut ini cara agar Anda terhindar dari penyakit kulit akibat banjir.

Jangan  merendam kaki di air banjir 

Pertahanan kulit pada saat berada pada air akan melemah bisa dilihat dengan ditandai kulit yang mulai keriput. Kulit keriput merupakan pertanda jika kulit tersebut mulai lemah mempertahankan dirinya. Air banjir yang kotor memiliki kuman yang berbagai macam. Meski kulit Anda terlihat sehat, lama kelamaan jika kulit berada pada air yang kotor, perlindungan kulit akan mengalami kelemahan dan jika dibiarkan terus menerus bakteri akan mudah masuk kedalam kulit.

Menjaga kelembaban kulit

Meski pada saat banjir terdapat air yang bisa membasahi kulit Anda. Namun kondisi air yang ada pada banjir memang bisa dilihat bahwa air tersebut kotor. Jika kulit tidak terhidrasi maka kulit akan mudah kehilangan kelembaban dan daya tahan perlindungan dari kuman juga ikut menurun. 

Gunakan pelembab dan konsumsi air serta makan buah-buahan bisa menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Kulit yang sehat akan melindungi dirinya dari gangguan kuman yang bisa masuk melalui pori-pori kulit.

Penyakit kulit yang bisa menyerang Anda pada saat banjir

Infeksi jamur :
Jamur bisa tumbuh jika kulit Anda terlalu lama terkena air yang kotor. Air banjir mengandung kotoran yang bisa menimbulkan jamur yang bisa menyerang dan bersarang pada sela-sela jari kaki Anda. Jika jamur muncul pada sela jari Anda, cepat keluar dari genangan air banjir dan basuh menggunakan air bersih. Setelah itu, gunakan obat oles anti jamur untuk mengusir jamur yang ada di kaki Anda.

Iritasi :
Infeksi bisa saja terjadi ketika Anda terkena kotoran yang ada pada air banjir. Air banjir mengandung kotoran yang bisa membuat kulit Anda gatal. Rasa gatal yang sangat kuat sehingga membuat Andda ingin menggaruknya. Jika Anda menggaruk terlalu lama, maka kulit akan memerah dan terjadi iritasi kulit.

Eksim :
Penyakit kulit eksim bisa menyerang Anda pada saat musim hujan. Bukan hanya air hujan saja yang bisa menyebabkan penyakit eksim ini muncul. Jika Anda berada pada air banjir, bakteri yang ada pada air banjir tersebut akan menginfeksi kulit Anda dan bisa mengakibatkan munculnya gangguan kulit eksim. Kulit yang terkena eksim akan memerah dan merasa gatal yang sangat kuat. 

Oleh karena itu, pastikan diri Anda tetap terlindungi disaat banjir, ya!

Artikel Lainnya


Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Penyakit Yang Sering Melanda Ketika Banjir

Musim penghujan telah tiba, banyak yang menunggunya karena akan menyuburkan tanaman di perkebunan. N...

Waspadai Penyakit yang Sering Melanda Ketika Banjir

Waspadai Penyakit yang Sering Melanda Ketika Banjir

Saat ini Indonesia sudah memasuki musim penghujan. Pada musim ini, sebagian wilayah mungkin terkena ...

Pekerjaan Menumpuk? Lakukan Cara ini Agar Anda Tetap Fit

Pekerjaan Menumpuk? Lakukan Cara ini Agar Anda Tetap Fit

Bekerja merupakan kegiatan sehari-hari agar bisa tercukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Banyak orang...

Ini yang Akan Terjadi Ketika Mobil Nekat Dijalankan Saat Terjadi Banjir

Ini yang Akan Terjadi Ketika Mobil Nekat Dijalankan Saat Terjadi Banjir

Banjir seringkali membuat kendaraan yang nekat menerobos, mengalami kerusakan atau mogok. Ketika air...