Cara Menghilangkan Bau yang Ada Pada Jok Mobil
12 Dec/2019

Cara Menghilangkan Bau yang Ada Pada Jok Mobil

Terkadang Anda sering lupa akan kebersihan dalam mobil. Rokok, makanan, sampai minuman yang Anda bawa kedalam mobil bisa menjadi penyebab awal terjadinya bau yang tidak sedap dalam mobil. Memang hal tersebut tidak akan Anda rasakan seketika, terlebih jika Anda sering berada di dalam mobil dan sudah terbiasa dengan bau seperti itu. Bau yang akan dikeluarkan akan terasa jika ada orang lain yang masuk kedalam mobil Anda. 

Sebelum Anda melakukaan pembersihan pada jok mobil yang bau, terlebih dahulu Anda harus tau apa saja penyebab bau yang ada pada mobil Anda. Bau yang dikeluarkan dari dalam mobil memang biasanya bersumber dari jok kursi Anda yang terkena keringat atau sisa makanan. Karpet yang basah karena alas kaki Anda basah akibat air hujan ddari luar juga bisa mengakibatkan kondisi dalam mobil Anda bau. 

Sebelum Anda mengeluarkan sumber bau yang ada dalam mobil Anda, Anda juga harus mengeluarkan bau yang tertinggal di dalam mobil. Ikuti cara ini agar mobil Anda bisa bersih dan wangi.

1 Taburkan bubuk kopi 

Bubuk kopi bisa dijadikan sebagai penghilang bau yang tidak sedap dalam ruangan seperti di dalam mobil. Bubuk kopi bisa menyerap bau yang tidak sedap sehingga bau yang ada dalam mobil Anda bisa hilang. Taburkan bubuk kopi ke bagian bawah jok mobil dan diamkan selama seharian, lalu bersihkan bubuk kopi tersebut keesokan harinya.

2. Gunakan pembersih berbentuk pasta

Jika jok mobil Anda terbuat dari bahan kulit, membersihkannya tidak bisa menggunakan bahan yang sembarangan. Pembersih yang berbentuk pasta bisa menjadi pilihan untuk Anda. Pembersih ini bisa merawat jok Anda agar tidak rusak dan pecah-pecah. 

Jika jok Anda kotor dan berbau, segeralah melakukan pembersihan pada jok agar tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap. Jangan mencuci jok menggunakan air karena itu bisa mengakibatkan jog berjamur karena posisi jog berada di dalam mobil dan tidan bisa terkena cahaya matahari secara langsung.

3. Buka semua kaca mobil

Ketika jok sudah dibersihkan dari semua kotoran, Anda harus membuka semua kaca mobil agar udara yang ada di dalam mobil bisa diganti oleh udara baru dari luar. Selain agar udara baru bisa masuk, membuka semua kaca juga bertujuan agar mobil tidak lembab. Mobil yang lembab akan mudah terkena jamur pada bagian-bagian yang mudah menyerap air seperti jok mobil.

Artikel Lainnya


Ini yang Akan Terjadi Ketika Mobil Nekat Dijalankan Saat Terjadi Banjir

Ini yang Akan Terjadi Ketika Mobil Nekat Dijalankan Saat Terjadi Banjir

Banjir seringkali membuat kendaraan yang nekat menerobos, mengalami kerusakan atau mogok. Ketika air...

Pentingnya Memperhatikan Kondisi Radiator Pada Kendaraan

Pentingnya Memperhatikan Kondisi Radiator Pada Kendaraan

Dalam sistem pendinginan mesin mobil, radiator merupakan komponen yang sangat penting agar mesin tid...

Sebelum Anda Membeli Mobil Listrik, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Sebelum Anda Membeli Mobil Listrik, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Saat ini, teknologi yang berkembang bukan hanya dalam bidang ilmu pengetahuan, tetapi juga bidang ot...

Asap Kendaraan Menjadi Warna Hitam - Apa Penyebabnya?

Asap Kendaraan Menjadi Warna Hitam - Apa Penyebabnya?

Kendaraan saat ini sudah didesain memiliki asap dari sisa pembakaran yang sedikit. Berbeda dengan ja...