Berkunjungi Museum Indah Saksi Sejarah Turki - Hagia Sophia
07 Dec/2019

Berkunjungi Museum Indah Saksi Sejarah Turki - Hagia Sophia

Bangunan bersejarah ini dulu digunakan sebagai gereeja dan di alih fungsikan sebagai museum. Saat ini presiden Turki akan mengembalikan museum Hagiaa Sophia sebagai masjid. Saat ini masih banyak wisatawan yang berkunjung ke Hagia Sophia untuk melihat saksi sejarah yang ada di dalamnya. Berikut ini Fakta mengeenai bangunan Hagia sophia.

Terdapat lambang dua agama di dalamnya

Selain nilai bangunannya yang memiliki sejarah, terdapat dua lambang agama yang dipajang sejajar di dalam Hagia Sophia. Lambang Allah dan Nabi Muhammad dipajang sejajar dengan lambang Bunda Maria dan Bayi Yesus. Museum ini sangat unik, karena hanya di musium ini, lambang dua agama bisa berjajar setara.

Lukisan Mosaik Bunda Maria dan Yesus

Lukisan mosaik yang berada pada dinding serta langit-langit museum Hagia Sophia ini memiliki arti sejarah. Lukisan tersebut menggambarkan bahwa dulu sebelum menjadi sebuah museum, Hagia Sophia merupakan bangunan yang dikususkan untuk para penganut agama kristen beribadah. 

Setelah itu, Hagia Sophia dialih fungsikan sebagai masjid. Pada saat menjadi masjid, lukisan bunda maria dan yesus ditutup menggunakan plaster dan hiasan dinding masjid lainnya. Setelah dibuat sebagaai museum, lukisan bunda maria dan yesus yang ada di Hagia Sophia dibuka kembali.

Menjadi bangunan dengan kubah terbesar di dunia

Ketika Anda berkunjung ke Hagia Shopia, pandangan Andda pasti tertuju ke arah kubah yang terlihat sangat besar. Sebelumyna, bangunan ini merupakan bangunan yang memiliki kubah terbesar di dunia. Kubah besar yang ada di atas bangunan ditopang dengan kubah-kubah yang kecil di bawahnya. Kubah tersebut membuat bangunan Hagia Sophia menjadi sangat mewah dan terlihat sangat bersejarah.

Menggunakan sisa bangunan bersejarah

Pada saat Hagia Sophia dibangun, bahan bangunannya menggunakaan sisa bangunan kuno yang ada di turki. Bangunan kuno yang telah hancur digunakan sebagai bahan untuk membangun museum bersejarah ini. 

Tiang-tiang pada kuil kuno yang telah hancur akibat perang pada jaman dahulu digunakan sebagai bahan bangunan untuk Hagia Sophia.

Bangunan bersejarah ini memang sangat indah dan, memiliki nilai sejah yang perlu dipelajari. Anda bisa mengunjungi Hagia Sophia dan mempelajari sejarah Islam yang ada di Turki.

Artikel Lainnya

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Pernahakah Anda mendengar kata "Skandinavia"? Bagi Anda yang belum tau, Skandinavia adalah daratan d...

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berlibur memang menjadi hal yang paling menyenangkan, apalagi jika ditemani dengan orang-orang terci...

Ragam kuliner pulau Madura

Ragam kuliner pulau Madura

Siapa yang tidak pernah mendengar pulau Madura? Yup, Madura sangatlah dekat dengan Jawa Timur ini me...

Surga Wisata Labuan Bajo

Surga Wisata Labuan Bajo

Liburan telah tiba, apakah Anda sudah mempersiapkan tempat mana yang akan Anda kunjungi pada saat li...