Berkunjung Ke Dataran Tinggi Dieng
02 Dec/2019

Berkunjung Ke Dataran Tinggi Dieng

Dataran tinggi Dieng berada di kawasan vulkanik aktif di Jawa Tengah. Dieng masuk dalam dua wilayah yaitu wilayah Banjarnegara dan wilayah Wonosobo. Ketinggian dieng sekitar 2.000 meter diatas permukaan laut dan suhu mencapai 10-20 drajat celcius pada siang hari dan 6-10 derajat celcius pada malam hari.

Telah lama dataran tinggi Dieng menjadi salah satu lokasi wisata yang banyak didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah seperti belanda dan wisatawan lokal. Selain keindahan alamnya yang sangat menakjubkan, dataran tinggi Dieng juga menyimpan banyak peninggalan bersejarah seperti candi. Bukan hanya itu saja, ketika Anda berkunjung ke Dieng, Anda pasti akan melihat berbagai kebudayaan yang hanya ada di dataran tinggi Dieng.

source by : brilio.net
source by : brilio.net

Keunikan yang ada pada dataran tinggi Dieng juga bisa Anda nikmati ketika Anda Mendatangi tempat tersebut. Anda bisa melihat keunikan yang hanya ada di dataran tinggi Dieng seperti tradisi pemotongan rambut gimbal. Rambut gimbal di daerah Dieng merupakan anak yang secara tiba-tiba muncul satu bagian di rambutnya yang memiliki tekstur gimbal. Rambut tersebut akan tumbuh secara tiba-tiba. Tidak semua anak akan memiliki rambut gimbal tersebut, hanya anak yaang terpilihlah yang bisa mendapatkan keistimewaan.

Akses ke tempat ini juga cukup mudah. Jika Anda menggunakan kereta sebagai transport menuju dataran tinggi Dieng, Anda bisa turun di stasiun Purwokerto. Dari stasiun Purwokerto, Anda bisa menaiki bus menuju ke dataran tinggi dieng. Saat menaiki bus dari stasiun Purwokerto, Anda akan melintasi daerah Wonosobo dan akan tiba sekitar 2-3 jam perjalanan menggunakan bus dari stasiun Purwokerto. 

Jika Anda ingin menginap di daerah dataran tinggi Dieng, di sana ada penginapan seperti homestay yang bisa Anda sewa selama Anda ingin berada di daerah Dieng. Anda bisa menikmati kuliner khas dataran tinggi Dieng, yang beragam.

Tips sebelum Anda pergi ke dataran tinggi dieng

1. Mengingat suhu dieng sangat dingin, Anda harus membawa jaket yang tebal, kaus kaki, sarum tangan, pembungkus leher, dan topi. Gunakan pakaian yang tebal dan usahakan tubuh Anda tetap hangat, agar tidak mudah sakit.

2. Gunakan sepatu sport dan sendal gunung karena memang dataran tinggi Dieng merupakan spot gunung. Bawa peralatan obat-obatan untuk jaga-jaga.

3. Bagi Anda yang tidak kuat dengan suhu yang terlalu dingint, jangan berkunjung pada bulan Juli dan Agustus. Karena pada bulan itu, suhu Dieng bisa mencapai 0 derajat.

4. Jaga sikap Anda ketika berkunjung di lokasi yang dianggap keramat oleh masyarakat seperti candi, gua semar, telaga warna, dan telaga pengilon, maka jaga sikap Anda, karena akan menjaga keselamatan Anda disana.

5. Untuk Anda yang baru mendatangi atau baru pertama kali mendaki di gunung, jangan beranikan mendaki di puncak sikunir. Pada perjalanan menuju puncak sikunir dangatlah curam dan jalurnya juga cukup terjal. Jadi bagi Anda yang tidak kuat, jangan dipaksakan untuk mendaki di puncak sikunir agar tidak membahayakan diri Anda sendiri.

Pada umumnya, masyarakat yang tinggal di dataran tinggi memang memiliki pekerjaan atau mata pencaharian seperti petani. Di daerah tinggi Dieng masyarakat disana juga memiliki pekerjaan sebagai petani kentang. Produksi kentang yang ada di Dieng merupakan salah satu yang terbesar.

Artikel Lainnya

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Pernahakah Anda mendengar kata "Skandinavia"? Bagi Anda yang belum tau, Skandinavia adalah daratan d...

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berlibur memang menjadi hal yang paling menyenangkan, apalagi jika ditemani dengan orang-orang terci...

Ragam kuliner pulau Madura

Ragam kuliner pulau Madura

Siapa yang tidak pernah mendengar pulau Madura? Yup, Madura sangatlah dekat dengan Jawa Timur ini me...

Surga Wisata Labuan Bajo

Surga Wisata Labuan Bajo

Liburan telah tiba, apakah Anda sudah mempersiapkan tempat mana yang akan Anda kunjungi pada saat li...