Aneka Kreasi Puding Yang Nikmat
02 Jan/2020

Aneka Kreasi Puding Yang Nikmat

Puding biasanya digunakan oleh sebagian besar masyarakat sebagai hidangan penutup atau dessert. Namun banyak juga yang menggunakan puding sebagai makanan camilan sehari-hari. Puding memiliki banyak jenis yang bahan serta cara pembuatannya juga berbeda-beda. Puding susu, puding lumut, atau puding lapis memiliki cita rasa yang beerbeda-beda, meski mungkin memilii bahan dasar pembuatan yang sama. Berikut ini jenis dan pilihan puding nikmat yang bisa Anda cicipi.

Puding Susu

 

Puding susu bisa menggunakan susu murni atau juga bisa menggunakan susu bubuk yang dilarutkan menggunakan air. Pembuatan puding susu ini bisa dilakukan dengan cara memisahkan adonan agar-agar dengan susu. Masak agar-agar pada wadah yang berbeda, dan seteah matang campurkan susu yang telah dilarutkan dalam air. Selanjutnya, tunggu hingga campuran tersebut dingin dan mengeras menjadi puding.

Puding Buah

source by : https://pixabay.com/id/photos/manis-puding-makanan-pencuci-mulut-1146820/
source by : https://pixabay.com/id/photos/manis-puding-makanan-pencuci-mulut-1146820/

Puding buah dibuat dengan mencampur buah-buahan yang sudah di iris dengan adonan puding. Pembuatan puding buah ini bisa dilakukan dengan cara menaruh buah-buahan yang sudah di iris ke dasar cetakan dan selanjutnya tuang adonan puding kedalam cetakan yang sudah berisi buah tersebut. Tunggu hingga adonan mengeras dan puding buah sudah siap untuk dihidangkan.

Selain itu, Anda juga bisa membuat puding buah dengan versi menjadikan buah menjadi jus terlebih dahulu, kemudian dicampurkan pada larutan puding yang telah dimasak. TUang pada cetakan, dan tunggu hingga puding siap dinikmati.

Puding Lapis

 

source by : sajiansedap.id
source by : sajiansedap.id

Membuat puding lapis sama halnya dengan membuat puding lainnya, yang tidak terlalu susah. Akan tetapi, memang membutuhkan waktu yang cukup lama dibanding dengan membuat puding jenis lainnya. Pembuatan puding lapis memerlukan dua sampai tiga puding yang memiliki warna berbeda. Sebelum menuangkan lapisan kedua, Anda harus menunggu lapisan pertama mengeras terlebih dahulu, setelah itu Anda baru bisa menuangkan adonan selanjtnya.

Puding Santan

Tampilan khas dari puding santan ini memang berbeda. Terdapat santan yang menggumpal dibagian atas puding, yang akan membuat puding santan berbeda dengan puding yang lainnya. Jika Anda tidak menyukai dengan tampilan tersebut, Anda bisa meminimalisirnya dengan cara mengaduknya secara terus menerus hingga adonan menjadi dingin dan selanjutnya Anda bisa menuangkan adonan tersebut kedalam cetakan. Puding santan cenderung memiliki rasa yang gurih dan nikmat.

Artikel Lainnya

Ragam kuliner pulau Madura

Ragam kuliner pulau Madura

Siapa yang tidak pernah mendengar pulau Madura? Yup, Madura sangatlah dekat dengan Jawa Timur ini me...

Sticky Tofu, Si

Sticky Tofu, Si "Bau" Dari Tiongkok Yang Nikmat

Apakah Anda adalah salah satu orang yang menyukai kuliner dengan berbahan dasar kedelai? Jika iya, m...

Kandungan Gizi Pada Ubi Jalar

Kandungan Gizi Pada Ubi Jalar

Bagi Masyarakat Indonesia, makanan ubi jalar merupakan makanan yang sudah sejak jaman dahulu dikonsu...

Menikmati Sajian Sedap Khas Dayak!

Menikmati Sajian Sedap Khas Dayak!

Indonesia memiliki beragam makanan khas yang mewakili tiap-tiap daerah. Makanan khas biasanya diolah...