5 Tips Sehat Selama Berpuasa
16 May/2019

5 Tips Sehat Selama Berpuasa

Tidak terasa bulan suci Ramadhan telah tiba, bulan Ramadhan identik dengan bulan puasanya orang-orang muslim. Puasa tidak hanya menahan hawa nafsu saja, tetapi juga menjaga tubuh tidak minum dan makan mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Penting untuk kita menjaga kesehatan tubuh dan sistem pencernaan kita di bulan Ramadhan ini. Pasalnya, pencernaan yang bermasalah akan mengganggu kelancaran puasa dan ibadah Anda bulan suci ini. Nah, berikut ini adalah tips untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda selama berpuasa.

 

Minum air yang cukup

Hampir 70% komponen dalam tubuh adalah air, itulah kenapa kita dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya. Sama halnya jika tubuh kekurangan makanan berserat, kurang minum air bisa menyebabkan masalah pencernaan mulai dari sembelit, BAB tidak teratur, dan gangguan pencernaan lainnya. Usahakan minum 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas lagi saat setelah menunaikan ibadah shalat tarawih. Dengan cara ini Anda akan terhindar dari masalah pencernaan selama bulan suci Ramadhan.

 

Batasi makanan berlemak

Salah satu untuk menjaga kesehatan pencernaan selain minum yang cukup adalah dengan membatasi makan-makanan berminyak dan berlemak. Secara umum, makanan berlemak akan menghambat kinerja pencernaan kita serta tubuh akan rentan mengalami sembelit. Imbangi dengan makan-makanan berserat saat berbuka dan sahur, maka sistem pencernaan akan lebih sehat dan terhindar dari sembelit.

 

Hindari stres

Salah satu penelitian menyatakan bahwa stres bisa mempengaruhi kesehatan pencernaan kita khususnya pencernaan usus. Pada saat stres, usus akan mengalami peradangan yang akan mengganggu sistem saraf parasimpatis yakni sistem yang berfungsi mengontrol gerakan usus. Itulah kenapa hindari berbagai hal yang bisa membuat diri Anda mengalami stres yang bisa mengancam kesehatan pencernaan saat menjalankan puasa.

 

Makanan berserat saat berbuka dan sahur

Makanan berserat memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, khususnya sistem pencernaan kita. Makanan yang kaya akan serat dapat membantu mencegah atau mengobati berbagai kondisi pencernaan seperti sembelit, radang usus besar, dan wasir. Pilihlah makanan yang kaya akan serat seperti biji-bijian, sayuran hijau, kacang polong, dan buah-buahan yang dapat memelihara kesehatan sistem pencernaan kita saat berpuasa.

 

Makan makanan probiotik

Makanan probiotik seperti yoghurt atau kimchi mengandung banyak sekali bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh khususnya sistem pencernaan manusia. Bakteri baik yang terkandung pada makanan probiotik biasanya membantu meringankan dan mencegah masalah usus, dengan rutin mengkonsumsi makanan probiotik akan bisa menjauhkan kita dari masalah sembelit. Konsumsi makanan probiotik pada saat waktu berbuka untuk menormalkan kinerja usus besar.

 

Nah, itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh saat bulan puasa tiba. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua dan selamat menjalankan ibadah puasa.

 

Artikel Lainnya

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Menjelajah Indahnya Negara-Negara Skandinavia

Pernahakah Anda mendengar kata "Skandinavia"? Bagi Anda yang belum tau, Skandinavia adalah daratan d...

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari Pagi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Lari adalah salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan. Anda tidak perlu mengeluarkan ...

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berkunjung ke Masjid Terbesar di Eropa

Berlibur memang menjadi hal yang paling menyenangkan, apalagi jika ditemani dengan orang-orang terci...

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Ayam Kampung vs Ayam Potong. Mana Yang Lebih Baik?

Siapa yang tidak suka dengan ayam goreng? Hampir semua orang mulai dari anak kecil hingga orang dewa...